Gaun Kebaya untuk Acara Wisuda

Gaun kebaya bisa memberikan percaya diri bagi wanita-wanita di Indonesia. Kebaya yang sudah lama digunakan di tanah air, memiliki desain yang sesuai dengan karakteristik wanita Indonesia. Kebaya sekarang juga semakin berkembang dengan munculnya model-model baru. Kebaya dengan desain yang tidak lagi kuno, model yang mengikuti perkembangan dunia mode. Walaupun sebagai pakaian tradisional, kebaya tetap bisa memiliki tampilan yang lebih modern. Berikut beberapa tips untuk menggunakan kebaya agar tetap terlihat stylish dan anggun.

Tips Mengenakan Kebaya untuk Acara Wisuda

Memadu-padankan kebaya dengan bawahan dan aksesoris menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan. Berikut tips yang bisa Anda gunakan agar lebih mudah dalam memadu-padankan kebaya.

gaun kebaya

  1. Ukuran Kebaya

Model-model kebaya yang bisa ditemukan sangat beragam. Ada model kebaya dengan bagian lengan yang panjang dan pendek. Ada pula yang menggunakan bagian leher lebar atau yang tinggi. Selain itu inspirasi kebaya saat ini juga semakin banyak dengan munculnya kebaya longgar. Memilih kebaya yang akan dikenakan sebaiknya disesuaikan dengan bentuk tubuh. Ukuran kebaya yang panjang, lebih cocok untuk wanita dengan postur tubuh yang tinggi. Jika Anda tidak begitu tinggi, sebaiknya pilih gaun kebaya dengan ukuran yang lebih pendek. Misalnya bagian lengan di atas pergelangan tangan dan bagian badannya tidak sampai paha.

  1. Warna kebaya

Kebaya identik dengan warna-warna yang kalem, tetapi ada pula yang menggunakan warna terang. Saat memilih kebaya, sesuaikan dengan warna kulit Anda agar penampilan lebih anggun. Inspirasi kebaya dengan warna gelap seperti biru dongker, merah maroon, atau hijau zamrud bisa menjadi pilihan untuk Anda yang memiliki warna kulit cerah. Bagi Anda yang punya kulit dengan warna sawo matang atau lebih gelam, warna nude atau cokelat bisa menjadi pilihan yang tepat. Gaun kebaya dengan warna cerah sebaiknya dihindari, jika terlihat terlalu kontras dengan warna kulit.

  1. Bawahan kebaya
Baca Juga :  Mau Bikin Gamis Sendiri? Inilah Rekomendasi Jenis Kain untuk Gamis

Sebagian besar kebaya yang digunakan masyarakat adalah berupa atasan. Bagian bawah biasanya menggunakan material yang lain. Ada beberapa pilihan bawahan untuk dipadukan dengan kebaya. Inspirasi kebaya yang pertama adalah bawahan kain songket dengan kebaya longgar. Kain songket umumnya lebih ketat untuk dijadikan bawahan. Bawahan seperti ini cocok untuk dipakai dengan kebaya longgar yang memiliki ukuran lebih besar. Bawahan yang juga sering digunakan adalah kain jarik dengan corak batik. Bawahan ini bisa digunakan bersama dengan gaun kebaya yang memiliki brokat banyak. Kebaya dengan kain brokat yang lebih banyak, biasanya memiliki model yang lebih sederhana sehingga cocok dengan kain jarik yang menggunakan motif.

  1. Aksesoris tambahan

Saat mengenakan kebaya, jangan lupa untuk memperhatikan aksesoris tambahan yang digunakan. Jika kebaya memiliki model simple, Anda bisa menambahkan aksesoris seperti kalung. Aksesoris seperti pita untuk bagian sabuk juga bisa menjadi inspirasi kebaya untuk Anda yang ingin tampil ramping. Jika perlu, Anda bisa menambahkan bros pada bagian tengah pita. Untuk setiap aksesoris yang digunakan, sebaiknya memiliki warna yang seirama dengan kebaya Anda. Sedangkan untuk alas kaki yang cocok saat mengenakan kebaya adalah, high heels atau sandal model selop. Sandal yang memiliki heels dapat membuat penampilan terlihat lebih anggun dan postur Anda lebih tinggi. Inspirasi kebaya juga bisa dimaksimalkan dengan pemilihan model rambut yang tepat. Diurai atau disanggul dan disesuaikan dengan bagian leher kebaya.

Gaun kebaya yang Anda gunakan, seperti apa pun modelnya akan terlihat menawan apabila Anda bisa memilihnya dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *